Steve Jobs

Photobucket

Dibalik kharismanya yang mendalam sebagai seorang CEO,mungkin tidak banyak dari kehidupan pribadinya yang dikupas dan diketahui oleh publik Indonesia.Dalam dunia komputer dan teknologi informasi Kita mungkin lebih mengenal seorang Bill Gates dibandingkan Steve Jobs. Sisi orisinalitas dan otentisitas dalam mendesign sebuah produk, CEO apple ini jauh lebih unggul dibanding Bill Gates yang tahun ini tahta sebagai orang terkaya di dunianya direbut oleh Warren Buffet,dewa investasi legendaris dari amerika.

Jobs adalah anak adopsi dari pasangan Justin dan Clara Jobs. Ibu kandung jobs bernama Joanne Carole Schieble dan ayah kandungnya bernama abdulfattah jandali,seorang profesor ilmu politik yang berasal dari syria..iya, jobs merupakan blasteran arab-amerika. Pada saat kuliah Steve Jobs pernah kena DO di semester pertama di Reed College,portland ,Oregon. Hal ini membuat kedua orang tua angkatnya kecewa, karena kedua orang tuanya sangat mengharapkan Steve menjadi seorang akademisi.

Steve jobs adalah penulis kaligrafi yang handal.dan menjadi auditor kaligrafi di mantan kampusnya.kata dia : “If I had never dropped in on that single course in college, the Mac would have never had multiple typefaces or proportionally spaced fonts,”. Karena kepiawaiannya inilah saat ini kita bisa mengunakan berbagai font yang indah di setiap OS yang ada sekarang.

Steve pernah mengatakan sebuah pernyataan yang terkenal kepada John Sculley,petinggi Pepsi Cola yang dia incar unutk menjadi CEO apple.inc “Do you want to spend the rest of your life selling sugared water, or do you want a chance to change the world?”

Jobs juga memiliki gaya yang sangat khas di setiap penampilannya seperti kaos turtleneck lengan panjang bermerk St.Croix,jeans biru 501 levis,dan sepatu sneaker bermerk New Balance 992.
Jobs merupakan salah satu pendiri perusahaan Apple. Apple saat ini menjadi sebuah perusahaan yang menjadi pusat perhatian di dunia IT. Produk-produk yang di hasilkan begitu innovative dan menjadi acuan bagi produk lainnya, atau dapat di sebut dengan produk trend center. Sebut saja iPod dan iPhone.

Jobs pernah di keluarkan dari perusahaan Apple yang di rintisnya sendiri pada tahun 1985, pada saat itu Jobs tidak menyerah dan terus berkarya. Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan mengunakan sebuah NeXT workstation.) Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi sepert program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical.

Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.
Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple.

Saat memegang kembali tangkuk perusahaan Jobs melakukan perubahan besar yang menjadikan Apple menjadi besar seperti saat ini. Dia mulai mengekslusifkan mesin-mesin komputer keluarnnya yang di kenal dengan Macintosh, kemudian melakukan perubahan besar-nesaran pada interface Mac OS(Sistem Operasi untuk Macintosh) yang kita kenal dengan nama Mac OS X, dan mengeluarkan berbagai alat multimedia yang revolusioner.

Keputusan ini membuat orang-orang merasa heran kepada Steve Jobs, terutama pada peng-exclusieve-an mesin Macintosh di tengah-tengah dominasi Microsoft yang mengunakan mesin PC Generic. Apple berkerja sama dengan IBM membuat sebuah prosessor ekslusif untuk mesin Macintosh yang bernama PPC(Power PC).

Belakangan ini Apple telah mengantikan PPC di setiap produk Macintoshnya dengan Processor berarsitektur x86/x64 yang sangat kita kenal dengan nama Intel. Lalu apa hebatnya jika Apple mengunakan prosessor ini? Hebatnya adalah harga mesin Macintosh yang dahulu sangat selangit menjadi terjun bebas mendekati harga mesin PC generic pada umumnya. Lalu? Kita dapat menginstall dan mengunakan Mac OS X (Tiger/Leopard) yang merupakan Operating Sistem Terbaik tahun 2007 berdasarkan versi Wall Street Journal, pada mesin PC Generic(tentu dengan versi Mac OS X yang telah di hack, atau lebih di kenal dengan nama Hackintosh). Pada kesempatan lain saat akan menuliskan panduan bagaimana menginstall Mac OS X di PC/Notebook generik.

Pada tahun lalu Apple mengeluarkan sebuah alat komunikasi, yang begitu revolusioner bernama iPhone. Dengan dukungan teknologi multi touch yang memungkinkan anda melakukan berbagai pekerjaan hanya dengan mengunakan jari Anda. Dalam beberapa bulan peluncurannya iPhone sudah mulai menunjukan kehandalnnya dengan memakan dominasi Black Berry di Amerika. Pada 11 Juli 2008 lalu Apple telah mengeluarkan iPhone generasi kedua yang di kenal dengan sebutan iPhone 3G. iPhone 3G telah di pasarkan di 70 Negara jauh lebih luas di bandingakan dengan pendahulunya yang hanya 6 Negara, 70 negara tersebut termasuk Singapura dan Filipina, sayang Indonesia belum menjadi target penjualan iPhone 3G. iPhone 3G dijual dengan 1/2 harga dari pendahulunya, atau saat ini iPhone 3G dibandroll dengan harga $199 untuk 8Gb Storage dan $299 untuk 16Gb Storage.

Jobs juga membangun sebuah perusahaan animasi bernama PIXAR yang saat ini menjadi begitu terkenal karena karya-karyanya seperti Finding Nemo, Cars, Wall E. Tahukan mengapa Apple bisa begitu berkembang dan mulai merajai berbagai bidang di dunia IT, jawabanya karena Apple Memiliki seorang pemimpin yang memiliki originalitas dan kreativitas. So inilah prisip perusahaan Apple “Think Different”.

Artikel ini merupakan kontribusi dari rekan alumni STMIK Buddhi Hendry Lai.

Back to “Mengenal tokoh dunia IT”

Satu Tanggapan

  1. […] adalah aplikasi audio player lainnya (yang juga gratis) yang dirilis oleh Apple (baca sedikit tulisan seputar Steve Jobs, pendiri Apple) yang dapat digunakan baik pada Mac ataupun […]

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: