Installasi Mac OS X Di PC/Notebook Non Apple



Pertama-tama hal yg perlu dipersiapkan adalah :

  1. DVD Installer Leo4All V2 yang lain boleh di coba semisal iatkos,kalyway, etc. Perbedaannya hanya pada pihak developer, kecocokan driver nantinya.
  2. Space HD minimal 10GB (Installasi native memakan krg lbh 5GB, di tambah aplikasi lain bisa ampe 6-7Gb tergantung paket yang dipilih). Disarankan mengunakan HD yang terpisah dari HD yang terinstall Windows, soalnya kalo sewaktu-waktu Windows lagi bermasalah akan cukup menyulitkan mengaktifkan partisi Mac kembali. Dan wa cuman berhasil dualboot dengan XP, kalo dengan Vista belum coba, kalo triple boot(Mac,Vista,XP) wa coba tapi masih gagal. Di sini wa pake USB HD External. Dan bisa triple boot.

Proses Installasi :

  1. Masukan DVD installer ke DVD anda dan set first boot pada DVD melalui bios .
  2. Pada saat keluar boot dari DVD tekan F8 lalu ketikan  -V  kemudian enter (mode verbose, digunakan untuk melihat tahap demi tahap proses boot).
  3. Sabar saja di tahap ini karena tahap ini cukup memakan waktu yang lama(krg lebih 10 menit), biarkan saja error yang tertulis di layar. Tunggu sampai installer masuk ke modus grafik, pilih bahasa inggris lalu next(gambar anak panah ke kanan) lalu tunggu sebentar sampai muncul gambar seperti di bawah.
  4. Photobucket

  5. Pada menu pilih disk utilty yang akan digunakan sebagai tools disk management di Mac.
  6. Photobucket

  7. Pada saat disk utility pilih HD yang akan dipake untuk installasi mac pilih tab partision lalu partisi HD anda menjadi beberapa partisi, di sini contohnya wa mengunakan 2 partisi 1 partisi primary untuk Installasi Mac dengan format HFS+ kemudian partisi satunya lagi saya format dengan FAT32 untuk menjadi backup data(secara native Mac hanya bisa read/write pada FAT32, NTFS hanya bisa read=> bisa read and write dengan menginstall aplikasi tambahan).
  8. Photobucket

  9. Setelah partisi close disk utily lalu pada installer utama klik continue maka selanjutnya Anda akan di minta memilih partisi yang akan di pakai untuk installasi mac, pilih partisi pertama(HFS+).
  10. Photobucket

  11. Installer akan berlanjut ke tahap selanjutnya, pada tahap ini pilih button customize untuk memilih paket apa yang akan kita install. Install ikuti paket-paket yang tercentang pada gambar di bawah jangan menginstall paket sembarang, besar resiko mac akan tidak bisa boot.
  12. Photobucket

  13. Untuk Language translation Anda boleh memilih semuanya, tapi kalo saya hanya memilih bahasa JPN,Korea,Simply and Traditional Chinese.
  14. Setelah itu tekan ok, maka installer akan kembali ke installer utama. Tekan tombol install, tak lama akan keluar disk verification(buat ngecek apa kan ada bagian DVD/file installer yang rusak atau tidak), langsung tekan tombol skip saja untuk mempersingkat waktu.
  15. 10. Setelah selesai installasi maka notebook akan restart, Jika Anda berhasil masuk mac os x maka hal pertama yang dilakukan adalah mac akan mengumpulkan informasi Anda. Dan selamat menikmati mac di Notebooknya.

  16. PERHATIAN!
    TUTORIAL INI DIBUAT HANYA UNTUK PERCOBAAN DAN PEMBELAJARAN SAJA, TIDAK UNTUK DIPERJUAL BELIKAN DENGAN HARDWARE YBS, DLL YANG DIDALAMNYA SUDAH TERINSTALL MAC OS. KAMI TIDAK MEMPERJUAL BELIKAN MAC OS DALAM BENTUK APAPUN DIKARENAKAN MAC OS HARUS TERINSTALL LANGSUNG DI PC MAC / MAC BOOK / SEMUA YANG BERLABEL DARI APPLE. DAN UNTUK DRIVERNYA DAPAT ANDA CARI DI WWW.INSANELYMAC.COM. KALO ANDA MENGGUNAKAN BENQ S41 BISA MEMINTA DRIVER KE SAYA ATO PENULIS ASLI TUTORIAL INI.
    Original make by Hendry Lai.
    Original Posting http://www.warungnotebook.com/blog/?p=20
%d blogger menyukai ini: