Google Protocol Buffer

Google Protocol Buffer adalah sebuah inovasi dari Google. Google mendifinisikannya sebagai “ a language-neutral, platform-neutral, extensible way of serializing structured data. Think XML, but smaller, faster, and simpler“.

Dari definisi ini, bisa dilihat fungsi dari ProtoBuff ini. Menyerupai XML, tetapi lebih kecil, cepat dan sederhana. Penggunaan XML yang cukup populer dikarenakan sifatnya yang lintas platform menjadikannya sebagai salah satu teknologi di dunia IT yang cukup mengagumkan.

Seperti halnya XML, ProtoBuff dari Google ini memungkinkan seorang programmer untuk mendefinisikan struktur dari data yang akan disimpan, menggunakan code-code yang sederhana untuk menyimpan dan membaca data tersebut, serta menggunakannya kembali dalam berbagai bahasa pemrograman (Java, C++, atau Phyton). Tutorial ProtoBuff juga cukup lengkap, sama lengkapnya dengan tutorial XML. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, XML yang jauh lebih dahulu dikenal tentu saja tidak dapat digantikan begitu saja oleh ProtoBuff, tapi bagi yang membutuhkan alternatif selain XML dapat mencobanya.

Beberapa waktu lalu saya sendiri melakukan sedikit research untuk ProtoBuff ini karena terbentur masalah penggunaan XML pada pengiriman data yang berjumlah sangat besar. Saat itu saya menggunaan XML untuk pengiriman data ke platform SAP, akan tetapi kekhawatiran akan performance pengolahan data menjadi concern untuk mencari alternatif lain yang lebih sederhana dan cepat. Walaupun akhirnya kita tidak menggunakan ProtoBuff (karena tidak belum menemukan cara menggunakan ProtoBuff pada ABAP /bahasa nativenya SAP), tetap saja ProtoBuff ini telah memikat untuk dijadikan salah satu alternatif selain XML.

Bagi yang ingin mencobanya dapat mendownload di sini. Beberapa contoh source code bisa dilihat disini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan sedikit info baru bagi rekan-rekan sekalian.

%d blogger menyukai ini: